Penyebab Kanker Tiroid

Penyebab Kanker Tiroid – Kanker tiroid ini terjadi akibat pertumbuhan sel kanker yang tidak dapat di kendalikan pada kelenjar tiroid. Hal ini akan terjadi secara primer yang penyebab kanker tiroid atau sekunder akibat penyebaran atau metastasis. Tiroid adalah sepasang kelenjar yang terletak di belakang jakun atau kartilago tiroid atau di sisi tenggorokan. Tiroid yang berpenting dalam produksi dan pengaturan hormon serta pengaturan fungsi metabolisme. Selain itu, kelenjar ini yang akan mengeluarkan tiga hormon T3 (triiodothyronine) dan T4 (tiroksin) yang mengendalikan metabolisme serta kasitonin yang mengatur kadar kalsium dalam darah.

kelenjar tiroid

Kanker tiroid meruapakan salah satu kanker yang sangat mematikan. Kanker tiroid adalah kanker yang dapat terjadi karena sel sel pada kelenjar tiroid akan mengalami mutasi menjadi sel kanker. Kelenjar tiroid itu sendiri adalah kelenjar yang berada pada leher yang berbentuk kupu kupu yang berfungsi memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme tubuh.

Gejala Timbulnya Kanker Tiroid pada tubuh

Gejala timbulnya kanker tiroid pada tubuh seseorang bisa dideteksi sejak dini. Gejala-gejala kanker tiroid dapat berbeda tergantung jenisnya, gejala yang mungkin muncul seperti yang dilansir dari Third Age berikut ini, antara lain:

  1. Benjolan di leher depan
  2. Tepat di bawah jakun, jika ada benjolan di sana, Anda sebaiknya siaga. Sebab terkadang benjolan yang merupakan gejala awal timbulnya kanker tiroid bisa tumbuh perlahan atau cepat sekali.
  3. Sulit berbicara
  4. Jika penyakit bergerak ke jaringan di sekitarnya, seperti pita suara, biasanya penderita akan mengalami kesulitan bicara dan suaranya berubah serak.
  5. Penderita penyakit kanker tiroid juga merasakan pembesaran pada kelenjar getah bening yang ada dileher. Dengan sentuhan lembut, pembesaran tersebut bisa dirasakan.
  6. Selain sulit berbicara, benjolan di tiroid juga menekan kerongkongan, sehingga penderita merasa kesulitan saat menelan makanan.
  7. Dalam beberapa kasus, benjolan bahkan bisa menyempitkan tenggorokan, sehingga pasien kanker tiroid juga kesulitan dalam bernapas.
  8. Karena adanya benjolan dan tekanan terhadap saraf di sekitar leher, bagian tersebut terkadang terasa nyeri. Bahkan nyeri tersebut bisa menyebar sampai ke telinga.

Penyebab Kanker Tiroid

Kanker tiroid akan terjadi ketika sel sel dalam tiroid mengalami bermutasi atau perubahan gentik yang membuatnya berkembang biak dan tubuh dengan cepat. Sel sel yang abnormal ini dapat menyerang jaringan di sekitarnya dan juga dapat menyebar ke seluruh tubuh. Penyebab mengapa sel sel tiroid ini bermutasi masih belum di ketahui dengan jelas.

Penyebab sebenarnya kanker tiroid masih belum jelas di ketahui. Namun, faktor resiko telah ditemukan dan mencangkup sebagai berikut :

–         Kekurangan yodium

Kurangnya yodium disebabkan karena adanya defisiensi material, goitrogen, dan penyakit autoimun. Goitrogen adalah terhambatnya proses pengambilan yodium dari dalam darah menuju tiroid menuju kelenjar tiroid di karenaka zat zat yang terdapat dalam kacang kancang dan kubis kubisan, kurang yodium dapat menyebabkan gondongan.

–         Penyakit graves

Penyakit graves merupakan bentuk hipertiroidisme dimana antibodi dalam sistem kekebalan tubuh menyerang dan melancarkan serangan ke kelenjar tiroid. Akibatnya produksi hormon yang berlebihan.

–         Paparan radiasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dewasa yang terkena radiasi ketika mereka masih muda memiliki risiko lebih tinggi mengalami kanker tiroid di kemudian hari. Tingkat, keparahan, dan lama kontak, bagaimanapun juga akan mempengaruhi kemungkinan risiko ini.

–         Penyakit lain

Sindrom Cowden adalah penyakit langka yang disebabkan oleh cacat gen PTEN. Kondisi ini ditandai dengan hamartoma (pertumbuhan jinak) dalam jumlah banyak. Sementara itu, akromegali terjadi ketika terdapat hormon pertumbuhan yang berlebihan pada tubuh.

–         Penyakit autoimun

Penyakit autoimun adalah penyakit karena adanya gangguan pada sistem imunitas tubuh, sehingga ketika tubuh akan mengalaminya tubuh akan menyarang kelenjar tiroid. Bila tuhuh yang mennyerang tiroid, maka kelenjar tiroid akan mengambil gangguan. Yang akibatnya sel sel tiroid akan mati dan menyebabkan kanker.

Mencegah Kanker Tiroid

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dari penyebab kanker tiroid sebagai berikut :

–         Mencegah asupan zat kimia berbahaya

Hindari asupan zat zat kimia seperti dalam pengawet makanan, pewarna makanan. Kalau tidak bisa anda menghdarinya setidaknya anda bisa mampu menguranginya.

–         Konsumsi anti oksidan

Kanker tiroid dapat diturunkan dengan makanan yang banyak mengandung anti oksidan. Contoh makanan yang kaya anti onksidan adalah brokoli, wortel dan jeruk. Menambahkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam diet juga dapat mengendalikan berat badan. Kemungkinan terdapat hubungan antara obsesitas dan kanker tiroid. Dapatkan 4 saji atau lebih perhari.

–         Mendapatkan kecukupan garam

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar iodine dapat mempengaruhi timbulnya kanker tiroid. kadar iodine rendah dapat meningkat risiko kanker tiroid. Garam mungkin sumber terbesar iodine dalam diet. Jadi, cobalah untuk mencukupi kebutuhan garam perharinya.

–         Deteksi dini untuk mencegah kanker

Anda juga bisa melakukan deteksi dini. Anda bisa memeriksa leher setiap tahun untuk benjolan yang mencurigakan. Deteksi dan pengobatan dini mampu mencegah kanker hingga 95% kasus kanker tiroid.

–         Menjalankan pola hidup sehat

Menjalankan pola hidup sehat jelas akan membuat kita sehat. Tidak hanya terbebas dari berbagai penyakit lainnya, tetapi juga terbebas dari penyakit kanker.

 Penyebab Kanker Tiroid


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *